Sabtu, 18 Mei 2013

Gejala Dini Penyakit Ginjal (Ciri-Ciri Ginjal Abnormal)

Gejala Dini Penyakit Ginjal (Ciri-Ciri Ginjal Abnormal) - Ginjal merupakan salah satu organ ekskresi yang berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh. Bila ginjal tidak berfungsi atau dengan kata lain terjaadi penyakit ginjal maka sisa metabolisme tidak dapat dikeluarkan dan akibatnya akan menjadi racun bagi tubuh anda sendiri.

Racun dalam tubuh ini selanjutnya akan menyebabkan mual, muntah, nyeri kepala yang hebat dan hal ini dapat dikatakan sebagai gejala awal terjadinnya penyakit ginjal. Cairan yang ada dalam tubuh ini akan mengisi rongga dalam tubuh dan berdampak pada pembengkakan tubuh seerta sesak nafas.

Penyakit ginjal sering juga disebut gagal ginjal. Menurut kejadiannya gagal ginjal dapat dibedakan menjadi dua yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Kedua penyakit ginjal ini berbeda, untuk gagal ginjal akut masih dapat disembuhkan dengan pengobatan tetapi gagal ginjal kronis tidak dapat disembuhkan dan harus menjalani pengobatan seumur hidup.

Perlu anda ketahui bahwa gagal ginjal akut dapat menjadi gagal ginjal kronis jika tidak dilakukan pengobatan khusus oleh pakar penyakit ginjal. Oleh karena itu, untuk mengetahui secara dini mengenai penyakit ginjal sebaiknya anda mencari info mengani ciri-ciri penyakit ginjal. 

Berikut beberapa ciri penyakit ginjal: 

1. Gagal ginjal akut, ciri-cirinya yaitu:

 - Sering nyeri pinggang
- Mata dan kaki bengkak
- Saat buang air kecil terasa sakit
- Demam
- Kelainan pada urine.

2. Gagal ginjal kronis, ciri-cirinya yaitu

 - Mual dan muntah
- Bengkak pada bagian tubuh tertentu
- Nafsu makan menurun
- Wajah pucat
- Kelainan pada urin

Apabila anda terkena penyakit ginjal memang gejala yang mudah untuk diketahui adalah berkaitan dengan urin. Karena urin merupakan hasil penyaringan dari sisa metabolisme yang dilakukan oleh ginjal. Semoga sedikit penjelasan mengenai penyakit ginjal ini bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar