Sabtu, 18 Mei 2013

Tips Pencegahan Low Back Pain (Tips Cerdas)

Tips Pencegahan Low Back Pain (Tips Cerdas) - Pada umunya pengertian low back pain sangat berhubungan dengan peregangan ligamen dan otot yang disebabkan dari gerakan tubuh yang salah dalam melakukan suatu kegiatan, misalnya mengangkat benda. Low back pain biasanya dialami oleh orang yang memiliki kekuatan otot perut yang buruk dan juga yang memiliki berat badan berlebih.

Low back pain adalah permasalahan yang biasanya muncul dalam suatu keperawatan dengan gejala umum yang paling terasa adalah pada bagian otot paha, lumbo-sacral dan ekstremitas bawah. Low back pain memang sering di keluhkan masyarakat dan hampir 90% penduduk dalam siklus hidupnya pernah mengalami low back pain.

Berarti low back pain dapat dikatakan gangguan mayoritas yang dialami manusia. Namun, dari hasil penelitian menyebutkan bahwa 48% penderita tidak ditemukan sebab yang pasti dan mereka pun cenderung menghentikan pengobatan setelah 3 bulan meskipun masih terasa nyeri.

Low back pain dapat diklasifikasikan ke dalam 3 golongan, yaitu:
1. Low back pain akut, penderita mengalami gangguan dalam kurun waktu kurang dari 12 minggu.
2. Low back pain sub akut, penderita mengalami gangguan sekitar 6-12 minggu.
3. Low back pain kronis, penderita mengalami gangguan lebih dari 12 minggu. 

Anda tidak perlu khawatir, low back pain dapat dicegah dengan beberapa cara sebagai berikut:
1. Melatih punggung setiap hari
2. Berhati-hati saat mengangkat
3. Lindungi punggung saat duduk ataupun berdiri
4. Tetap aktif dan hidup sehat

Beberapa cara di atas juga dapat anda lakukan untuk meredakan low back pain. Cukup sederhana kan? Jika dilihat dari beberapa cara menghindari low back pain, sebenarnya hanya ada satu kunci yaitu anda rutin berolahraga karena dengan olahraga dapat melatih otot-otot dalam tubuh.
Itulah sekilas penjelasan mengenai low back pain. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar